Kopi! Minuman Populer Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

theodyssesonline.com
theodyssesonline.com

Kopi menjadi minuman terpopuler untuk semua kalangan saat ini. Pencinta kopi pun tak lagi kaum adam, para perempuan pun sering kali menjadikan kopi sebagai “teman” yang menemani ketika mengerjakan perkerjaan, bersantai atau sekedar duduk membaca buku. Cofee shop atau warung kopi yang disulap menjadi tempat minum kopi dengnan konsep moderen pun menjamur diberbagai sudut kota. Lihat saja begitu banyak komunitas anak muda yang menjadikan cofee shop sebagai tempat berkumpul, bersosialisasi dan bahkan menjadi parameter anak gaul masa kini jika berkumpul di coffe shop. Hal ini menunjukan bahwa penggemar kopi tidak hanya dikalangan bapak – bapak tetapi juga anak muda termasuk perempuan.



Dibalik ke-populeran kopi sebagai minuman yang paling sering dikonsumsi selain air mineral, dan opini yang menagatakan minum kopi tidak baik untuk lambung, kopi ternyata menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute mengenai pengaruh kopi terhadap usia seseorng menyimpulkan bahwa peminum kopi justru memiliki resiko kematian lebih kecil dibanding orang yang jarang minum kopi. Berikut manfaat – manfaat dari kopi untuk kesehatan:

  • Kopi dapat mencegah penyakit batu empedu

Kopi ternyata dapat mencegah penyakit batu empedu, hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti universitas terkemuka Harvard Univesity pada tahun 2002 yang menyatakan bahwa wanita yang meminum kopi minimal 4 cangkir perharinya memiliki resiko terkena batu empedu 25% lebih kecil.

  • Memperkecil resiko kanker

Kanker payudara dapat menyerang tidak hanya wanita, bahkan penyakit ganas ini pun juga dapat menyerang kaum lelaki. Dengan mengkonsumsi kopi setidaknya 2 cangkir perhari ternyata mampu menurunkan resiko penyakit kanker payudara. Tak hanya menurunkan resiko kanker payudara, kopi juga dipercaya menurunkan resiko kanker hati dan prostat.

  • Kopi adalah antioksidan alami

Kopi merupakan antioksidan alami yang memiliki kandungan lebih banyak jika dibandingkan dengan buah – buahan dan sayur – sayuran. Kebaikan antioksidan ini juga dapat dijadikan bahan dasar masker kulit dan wajah.



  • Kopi dapat meningkatkan produktivitas kerja

Radiological Society of North America pada tahun 2005 melakukan studi mengenai pengaruh konsumsi kopi terhadap kemampuan mengingat seseorang. Penelitian ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi membantu meningkatkan memori jangka panjang dan jangka pendek. Kandungan cafein dari kopi pun dinilai mampu membangun semangat dan memacu adrenalin seseorang, sehingga semangat kerja pun lebih tinggi bagi orang yang mengkonsumsi minuman ini. Tidak heran jika kopi dijadikan minuman wajib bagi para karyawan untuk membantu produktivitas mereka.

  • Kopi mengurangi resiko penyakit diabetes

Senyawa yang dikandung minuman kopi dapat menghalangi hiAPP, polipeptida yang akan menghasilkan serat protein abnormal dimana senyawa tersebut sering ditemukan didalam tubuh penderita diabeter type 2. Fakta tersebut dikemukakan dalam journal of Agricultural and Food Chemistry.

  • Kopi dapat mencegah encok

Asam urat dan encok adalah jenis penyakit yang paling sering kita alami terutama untuk orang – orang yang sudah berusia lanjut. Kopi dengan kandungan cafein yang tinggi atau biasa memiliki manfaat menurunkan resiko terhindar dari penyakit encok. Mengkonsumsi minuman ini untuk jangka panjang membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Sehingga minuman ini dapat dijadikan alternatif yang dapat mengobati penyakit asam urat dan encok.

Menjadikan kopi sebagai minuman rutin yang kita minum setiap harinya, bahkan mencapai 3 gelas perhari ternyata bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun yang perlu kita ketahui adalah kadarnya, sebaiknya jangan terlalu minum kopi dalam kadar yang banyak (5 sampai 6 gelas perhari), karena kandungan kafein pada kopi dapat memacu adrenalin dan membuat jantung berdebar, dan sulit tidur. Kadar kopi yang ditolerir rata – rata 1 sampai 3 gelas perhari atau 85 sampai 200 mg. Kadar ini tidak berlaku bagi wanita hamil, anak – anak dan penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu kita juga harus menjadi penikmat kopi yang cerdas terutama untuk kopi dalam kemasan, hal yang harus diperhatikan adalah kandungan miligramnya, karena biasanya kopi kemasan (kotak dan kaleng) memiliki kadar kafein yang tinggi.

Create by Citra T Angelia | Everything get better with coffee |

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas